Perkembangan
Teknologi pada Pemodelan Grafis 3D
Desain
pemodelan grafis adalah proses untuk menghasilkan citra suatu objek baik dalam
3D maupun 2D, dengan tujuan untuk memahami desain grafis sebagai alat penyampai
pesan yang estetis, komunikasi dan efisien dalam konteks media sehingga pada
kenyataannya dapat diterapkan untuk berbagai bidang diantaranya adalah seni,
kewirausahaan, marketing, dan advertising. Kegiatan yang biasanya berkaitan
dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic
library/package, application program, dan citra.
Grafik komputer
3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni
titik x, y, dan z. Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil
dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga
Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk
pada kemampuan dari sebuah video card (link). pemodelan ini juga berfungsi
untuk menampilkan efek realistis pada video maupun game. Grafik 3D merupakan
perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik
yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Suatu objek rangka 3D
apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan
gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase,
yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan
animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D
rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Berikut
perkembangan teknologi pada pemodelan grafis 3d :
- Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik
- 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
- 1963 : Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector), Mouse oleh Douglas Englebert
- 1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
- 1972 : ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer
- 1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
- 1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
- 1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
- Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime
- 1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
- 1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
- 1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
- 1995 : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
- Akhir tahun 90-an: Ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
- Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.
Software pemodelan grafis 3D :
- Blender
- Autodesk 3ds Max
- Autodesk Maya
- K-3D
Technology
developments in 3D Graphics Modeling
Graphic design
modeling is the process to produce the image of an object either in 3D or 2D,
with the aim of understanding of graphic design as a tool messenger aesthetic,
and efficient communication in the context of the media so that in fact can be
applied to various fields including the arts, entrepreneurship, marketing , and
advertising. Activities normally associated with computer graphics is a
geometric modeling, rendering, animation, graphic library / package,
application programs, and image.
3D computer
graphics is a form of matter that has a length, width, and height. differences
with 2D graphics in 3D modeling has 3 point coordinates of the point x, y, and
z. Representation of 3-dimensional geometric data as a result of the processing
and delivery of light effects on 2D computer graphics. Three Dimensional,
typically used in graphics handling. 3D in general refers to the ability of a
video card (link). This model also serves to show realistic effects on video
and games. 3D graphics is the development of 2D graphics. In computer graphics,
3D is a graphical form using a three-dimensional representation of geometric
data. A 3D frame object when illuminated from a certain direction will cast a
shadow on the surface of the image. The process of making a 3D computer
graphics can be divided into three phases, namely the 3D modeling which
describes the shape of an object, layout and animation that describes the
movement and the layout of an object, and 3D rendering which produces an image
of the object.
Following
technological developments in modeling 3D graphics :
- Early 60s commencement animated by displaying a simulation model of the physical effects
- 1961: Edward Zajac presents a simulation model of a satellite by using technology Computer Graphics
- 1963: Tools to display calligraphic (vector), Mouse by Douglas Englebert
- 1970: Pierre B'eezier develop B'eezier curve
- 1972: filmWestworld airing, as the first film to use computer animation
- 1974: Ed Catmull developed a z-buffer (Utah). Computer animated short, Hunger: Keyframe animation and morphing
- 1976: Jim Blinn develop texture and bump mapping
- 1977: the famous Star Wars movies using computer graphics
- Mid 70s to 80s: Development Quest for realism radiosity as a main-stream realtime applications
- 1982: Development of computer graphics technology to display the particles • 1984: Computer Graphics used to replace physical models in the movie The Last Star Fighter
- 1986: First time film production computer graphics serve as the Academy Award nominations: Luxo Jr. (Pixar).
- 1995: Produced fillm Toy Story (Pixar and Disney) as first-length animated 3D film
- The end of the 90s: The discovery of an interactive visualization technology for science and medicine, artistic rendering, image-based rendering, path tracing, photon maps, etc.
- In 2000 the discovery of hardware technology for real-time photorealistic rendering.
3D graphics modeling software :
- Blender
- Autodesk 3ds Max
- Autodesk Maya
- K-3D
d
SUMBER
0 komentar:
Posting Komentar